Contoh Modul Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D P5 " Jejak karbon Kita"

Berikut Contoh Modul Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D P5 " Jejak karbon Kita". Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah-langkah, media pembelajaran dan asesmen yang dibutuhkan


Pemerintah melalui laman kurikulum.gtk.kemdikbud.go.idmenyajikan berbagai informasi tentang implementasi kurikulum merdeka, sehingga masyarakat khususnya guru dapat memperoleh informasi dengan mudah.

Baca juga : Cara Menyusun Jadwal Pelajaran Kurikulum Merdeka

Modul projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.  

Baca juga : SK Tim Fasilitator P5


MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA 

Modul projek merupakan perencanaan pembelajaran dengan konsep pembelajaran berbasis projek (project-based learning) yang disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan tema serta topik projek, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Modul projek dikembangkan berdasarkan dimensi, elemen, dan subelemen Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan: 

Menyusun dokumen yang mendeskripsikan perencanaan kegiatan projek sebagai panduan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam tema tertentu.

Catatan: 

Pendidik memiliki kemerdekaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didiknya. 

Pemerintah juga menyediakan beragam contoh modul projek dari berbagai fase dan tema yang berbeda untuk membantu pendidik yang membutuhkan referensi atau inspirasi dalam pengelolaan projek.

Modul projek bersifat fleksibel. Pendidik atau guru di sekolah diberi kebebasan untuk mengembangkan komponen dalam modul projek sesuai dengan konteks lingkungan, visi satuan pendidikan, kesiapan satuan pendidikan dan kebutuhan belajar peserta didik. 


Baca Juga : Cara Merencanakan dan Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila


Melalui artikel berikut gurumurid.id menyediakan contoh yang modul projek profil guna membantu para guru yang membutuhkan contoh modul tersebut.

Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan memodifikasi modul projek profil yang tersedia sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. 


Modul P5

Modul P5 diperuntukan menurut fase atau tingkatan kelas, Modul Fase-A diperuntukan untuk tingkat atau (kelas 1 dan 2) SD. Modul Fase-B diperuntukan untuk tingkat atau (kelas 3 dan 4) SD. Modul Fase-C diperuntukan untuk tingkat atau (kelas 5 dan 6) SD. Fase-D untuk (kelas 7, 8, 9) SMP. Fase- E untuk (kelas 10) SMA/SMK dan Fase-F untuk (kelas 11 dan 12) SMA/SMK  

Menurut hemat saya si tinggal download aja modulnya terus sesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing atau edit sesuai kebutuhan.


Modul P5 Fase D (untuk SMP)

Contoh Modul Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D P5 "Jejak Karbon Kita" 


"Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek profil sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, memodifikasi, dan/ atau menggunakan modul projek profil yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan peserta didik." 

Oleh karena itu, pendidik yang menggunakan modul projek profil yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi menyusun modul projek profil.


laman terkait :

Contoh Modul Fase D

- Modul Tema Kearifan Lokal "Eksplorasi Empon-empon" unduh disini

- Modul Kewirausahaan "Wira Bertanggung Jawab" unduh disini

- Modul Bhinneka Tunggal ika "Konflik Bikin Dewasa" unduh disini

- Modul Berekayasa dan Teknologi Membangun NKRI "Konten yMedia Berfaedah" unduh disini


Modul P5 Untuk Kelas 1 sampai 6 SD

Contoh Modul P5 kelas 1 dan 2 (Fase-A) 

- Gaya Hidup Berkelanjutan "Sampah Plastik' unduh disini

Bhinneka Tunggal Ika unduh disini

- Kearifan Lokal "Kutanam Sayuranku" unduh disini

- Kearifan Lokal "makananku Budayaku" unduh disini

- Kewirausahaan "Sayurku" unduh disini

Contoh Modul P5 kelas 3 dan 4 (Fase-B) 

1. Tema Gaya Hidup Berkelanjutan 

- Cerdas dan Literat UNDUH DISINI

- Kurangi Plastik Hidup Asyik unduh disini

- Sampah Plastik "Cerdik Mengolah dan Solusi" unduh disini


2. Tema Kearifan Lokal

- Asyiknya Berkebun Sayur unduh disini

- Budaya Sekolahku unduh disini   


3. Tema Kewirausahaan

- Anyaman Bambu unduh disini 

- Sawi Hidroponik unduh disini 

- Abon Lele unduh disini 

- Inovasi Olahan Belimbing unduh disini 

- Budidaya Tanaman Toga dan Sayur unduh disini    


Contoh Modul P5 kelas 5 dan 6 (Fase-C) 

- Bhinneka Tunggal Ika "Keberagaman" unduh disini

- Kewirausahaan "Daur Ulang" unduh disini 

- Kewirausahaan "Sampah" unduh disini 

- Kearifan Lokal "Tutur Selaksa Kisah" unduh disini 

- Gaya Hidup Berkelanjutan "Pejuang Iklim" unduh disini 

- Berekayasa dan Teknologi Membangun NKRI "Internetku" unduh disini  

Posting Komentar untuk "Contoh Modul Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D P5 " Jejak karbon Kita""